Kabupaten Tegal Ditunjuk Sebagai Pilot Project Nasional Pengembangan Wirausaha Muda

SLAWI – Kabupaten Tegal kini ditunjuk sebagai Pilot Project Nasional dalam hal pengembangan wirausaha muda.

Dalam hal ini, Pemerintah Pusat menunjuk Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Tegal untuk menciptakan program Kabupaten Layak Pemuda lewat penumbuhan wirausaha muda.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Tegal, Widodo Joko Mulyono menyebut, Pilot Project Level Nasional ini direncanakan akan mulai berjalan pada tahun 2019.

Sebab menurut dia, pihak Pemerintah Pusat memiliki penilaian bahwa Pemkab Tegal memiliki bonus demografi usia produktif di tahun 2022 mendatang.

“Selain itu, kita juga pernah terpilih sebagai juara pertama di Penghargaan bergengsi Pangripta Nusantara 2018 dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas. Maka dari itu, Pemkab Tegal ditunjuk sebagai Pilot Project Nasional dalam hal kepemudaan,” papar Widodo Joko kepada Tribunjateng.com, Selasa (21/8/2018).

Perlu diketahui, bonus demografi pada tahun 2022 nanti, 51 dari 100 penduduk Kabupaten Tegal memiliki usia produktif yang sebagian besar pemuda.

Lalu, Tahun 2030, meningkat menjadi 55 orang dengan usia produktif berkisar dari 16 – 50 tahun.

Untuk tahun depan, Pemkab Tegal akan membangun Inkubator Bisnis di Taman Rakyat Slawi (Trasa) sebagai menindaklanjuti Pilot Project Nasional soal kepemudaan.

Tak hanya itu, Joko juga akan mengupayakan agar festival film yang mewadahi pemuda-pemuda Kabupaten Tegal bisa terbentuk dan berjalan konsisten lewat Pilot Project ini.

“Program kepemudaan merupakan satu di antara 9 program unggulan strategis Pemkab Tegal pada kebijakan pembangunan jangka menengah 2019 – 2023. Mohon semua OPD agar bisa mewadahi para pemuda. Bonus demografi ini harus jadi keuntungan, bukan malah jadi beban dengan menambahnya pengangguran,” jelasnya. (*)

From :  Tribunjateng.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *